Pages

Thursday, April 16, 2015

Great Places in Bangkok for Budget Shopper

cr. MBK.th
Sawadeekha~~

Kali ini post saya bukan review dari makanan :p Kali ini saya mau mereview tentang tempat belanja di Bangkok. Kalau di Seoul saya kalap dengan kosmetik, di Bangkok saya kalap dengan pakaian. Bagaimana tidak? Bangkok terkenal dengan surga belanja. Tidak hanya barang branded saja, barang murah dengan kualitas bagus pun tersedia di Bangkok. Banyak sekali tempat berbelanja di Bangkok, dan berikut ini list tempat shopping yang saya rekomendasikan.

1. Chatuchak Weekend Market

Chatuchak atau JJ Market merupakan pasar terbesar di Thailand. Mungkin bukan hanya di Thailand tapi di Asia. Lebih dari 10.000 kios berkumpul di sini. Yap, dan Chatucak tidak hanya terkenal untuk turis saja, tetapi warga lokal pun banyak yang berbelanja disini.

cr. tripadvisor
cr. tripadvisor
cr. bluebalu
Kios-kios di Chatuchak Market tidak hanya menjual pakaian saja tapi juga menjual aksesoris, tas, cinderamata, sepatu, keramik, kain, sampai dengan hewan peliharaan. Pengaturannya sendiri cukup rapi. Kios-kios dibagi menjadi beberapa sections.

Jika pada saat berbelanja tiba-tiba perut kita lapar, jangan khawatir!! Para pedagang makanan dan minuman sudah stand by di depan market. Mulai dari thai tea, sosis goreng, pad thai, seafood, sate, sari pome, dan masih banyak lagi tersedia disini. Jangan lupa juga untuk mencicipi es krim kelapa muda yang sangat terkenal disini.

Sedikit info, walaupun Chatuchak Market ini luas, kita tidak perlu khawatir bingung mencari sectionnya karena disediakan map di bagian depan market. Biasanya akan ada petugas yang berjaga sambil membagikan mapnya.

cr. papayapokpok
How to get here:
-    BTS – Mochit
-    MRT Kamphaeng Phet/Chatuchak Park

2.  .Pratunam Market

Tempat favorit saya untuk berbelanja!! Kenapa? Karena Pratunam Market ini buka dari pagi sampai malam. Dan yang uniknya penjualnya seperti mempunyai shift masing-masing :p Urutannya kurang lebih seperti ini:

    1.       6 – 9 am       : morning market (hampir 90% menjual pakaian)
    2.       9 am – 6pm   :toko-toko pakaian
    3.       6pm – 10pm  : night market (pakaian, tas, sepatu, makanan)

cr. bangkoktravel
cr. easternliving-guide
cr. bangkoktravel
cr. smeeleader
cr. jensenchua
cr. tripadvisor
Lokasi Pratunam Market ini tepat berseberangan dengan Platinum Fashion Mall dan Baiyoke Tower.

How to get here:
-          ARL – Ratchaprarop
-          Taxi

3.       Platinum Fashion Mall

Shopper pasti tidak akan melewatkan Platinum Fashion Mall (khususnya turis Indonesia.  I’ve found many Indonesian tourists here). Platinum merupakan tempat shopping terbesar dan luas dengan harga wholesale yang nyaman. Kenapa nyaman? Karena berbeda dengan Chatuchak dimana kita harus berpanas-panas ria saat berbelanja, di Platinum sudah disediakan AC karena konsepnya yang memang mall. Selain itu, untuk mendapatkan harga wholesale/grosir, kita harus membeli 2 atau lebih barang. Semakin banyak membeli, semakin murah harga yang didapat. Sebagai contoh, harga satuan dari tas kulit yang saya beli seharga THB 900. Tapi karena saya membeli 2 (dengan model yang berbeda), saya hanya membayar THB 1400.

cr. wikalenda
cr. shutterstock
cr. talkbangkok
cr. thailander
Platinum sendiri terbagi menjadi 3 gedung berbeda yang dihubungkan dengan jembatan. Dan setiap lantai di mall ini memiliki sectionnya masing-masing. Misalnya untuk area pakaian ada di gedung Platinum 1 Lantai 1-3, lalu untuk area tas ada di gedung Platinum 3 Lantai 3.

Sedikit info, Platinum Mall tidak menyediakan ruang ganti.

How to get here:
- ARL – Ratchaprarop (lalu jalan ke arah Pratunam Market. Lokasinya berseberangan dengan Pratunam Market)
- BTS – Siam (lalu jalan ke arah Central World note: cukup jauh)
- BTS – Chitlom (lalu jalan ke arah BigC Ratchadamri, Central World note: cukup jauh)
-          Taxi

4.       MBK Center

Selain Platinum, salah satu mall yang terkenal untuk shopping adalah Mah Boon Khrong atau MBK. Barang-barang yang dijual disini mulai dari fashion, kosmetik, toko mas sampai dengan elektronik. Dan di lantai 5 dan lantai 6 mall ini juga terdapat food court.

Saya sendiri di MBK lebih memilih untuk membeli kosmetik atau skincare khas Thailand. Seperti Beauty Buffet, Boots, dan masih banyak lagi. Boots sendiri merupakan brand UK yang diproduksi di Thailand, sehingga harga jualnya jauh lebih murah di Thailand dibandingkan di UK.
cr. mbk.th
cr. jobspecial-daily
cr. tdilegge
How to get here:
-          BTS – Siam
-          BTS – National Stadium

5.       Siam Square

Jika di Singapore ada Orchard dan di Seoul ada Edae dan Hongdae, maka di Bangkok ada Siam Square. Di Siam Square banyak terdapat tempat berbelanja. Tidak hanya fashion tapi juga banyak terdapat kafe, minimarket, dan street foods.

cr. wikimedia
How to get here:
BTS – Siam

6.       Asiatique

Ferris wheel yang terdapat di Asiatique menjadi salah satu ciri khas dari night market ini. Lokasinya unik karena berada di tepi sungai Chao Phraya. Di Asiatique terdapat banyak kafe dan toko-toko yang menjual fashion. Namun tentunya dengan harga yang agak lebih mahal dibanding tempat-tempat sebelumnya. Asiatique juga menyediakan free shuttle water bus dari Saphan Taksin yang beroperasi sampai pukul 11 malam.
cr. bangkokpost
cr. hospitality.net
How to get here:
-          BTS – Saphan Taksin (exit 2), transfer menggunakan Asiatique free shuttle water bus
-          Chao Phraya Water Bus – Saphan Taksin, transfer menggunakan Asiatique free shuttle water bus 

Next post saya akan rekomendasikan Great Places for Branded Shopping. See ya~~

No comments:

Post a Comment