Pages

Sunday, March 23, 2014

CHUNG GI WA 청기와 (Korean Restaurant)

안녕하세요~ 
Okay, so last night we went to one of Korean Restaurant in Bandung. Dan memang restaurant ini sedang happening di Bandung. Namanya CHUNG GI WA (청기와). Mungkin untuk beberapa orang nama Chung Gi Wa ini sudah tidak asing lagi, karena sebelumnya Chung Gi Wa sudah punya beberapa cabang di Jakarta. 

Sewaktu pertama kali datang ke Chung Gi Wa, I was like "Omy!!" Mungkin untuk area parkir hanya bisa menampung sekitar 10 mobil, sedangkan pengunjung sangat membludak. Dan begitu kita mau masuk, oops waiting list please~ Okay, jadi kami menunggu sekitar 30 menit. Akhirnya kita dipanggil dan let's party!! XD 



Begitu masuk suasana Korea sudah sangat terasa. Didominasi dengan ornamen kayu, seakan-akan kita sedang berasa di salah satu resto di Pulau Nami :p Ditambah lagi dengan banyaknya orang-orang Korea, baik itu para pekerja maupun siswa yang sedang bersekolah. Dan patut diketahui juga kalo pemilik dari Chung Gi Wa juga adalah orang Korea juga.





Akhirnya setelah bolak balik menu kita putuskan untuk pesan samgyupsal (삼겹살; pork belly skin off), kimchi jjigae (김치찌개; kimchi stew), dan makgulli (; alcoholic fermentation from wheat, water, and rice). Seperti di restaurant Korea yang lain, kita dihidangkan juga 반찬 (banchan; side dish) seperti kimchi, water kimchi, pickled radish, etc tapi memang jumlahnya tidak sebanyak di Tudari. 

반찬  (side dish)

Menu Korea yang pertama dihidangkan adalah makgulli. Rasa dari makgulli menurut saya sedikit mirip arak Bali. Dengan kandungan alkohol sekitar 6-8%, alkohol dari makgulli tidak terlalu berasa. Berbeda dengan soju, yang mencapai 20%. Rasa dari makgulli sendiri sedikit manis, dan sedikit hangat sewaktu kita meminumnya. 

Makgulli (막걸리) 85k IDR


Next serving is samgyupsal. . Sayang sekali kita tidak bisa memasak sendiri. Bahasa dapurnya masaka belakang, artinya kita akan dihidangkan samgyupsal yang sudah siap makan. Menurut salah satu waitersnya, memasak sendiri minimal order samgyupsal 2 porsi. Padahal dengan memasak samgyupsal sendiri, itu lebih menyenangkan. Rasa dari samgyupsalnya sendiri menurut saya kurang authentic. Mungkin karena tidak dimasak sendiri XD Tapi untuk keseluruhan oke. Tekstur dari 돼지고기 atau pork nya cukup, tidak terlalu keras, enak untuk dikunyah. Untuk 삼장 atau saus samgyupsalnya sendiri cukup enak. Untuk pelengkap samgyupsal, kita diberi 3 varian saus atau bumbu, yaitu 삼장 (samjang; saus samgyupsal), garam, dan bubuk udang. Nah yang membuat Chung Gi Wa lebih istimewa dibanding restaurant Korea lainnya, mereka menghidangkan juga 깻잎 (perilla leaves;  daun wijen) dan cabai hijau Korea. Karena penasaran dengan 깻입 maka saya mencoba memakan samgyupsal dengan 깻입 sebagai pembungkusnya. Rasanya seperti memakan daun XD Teksturnya kurang lebih seperti daun mint, berbulu, hanya saja ukuran daun ini lebih besar. Dan untuk cabai hijau Korea, jangan kuatir untuk mencobanya. Walaupun terlihat sedikit menakutkan (terlihat pedas) namun begitu dimakan tidak ada rasa sama sekali. Hanya ada aroma cabai, namun itu pun tidak menyengat. Untuk teksturnya sendiri sangat renyah.

Cabai  hijau Korea dan Perilla leaves


Samgyupsal (삼겹살 ) 69k IDR
Dan yang terakhir, 김치찌개 (kimchi jjigae; kimchi stew). Why we ordered kimchi jjigae?? Bcs the waiters said kimchi jjigae contains kimchi, tofu, and PORK. Jadi kita order kimchi jjigae karena mengandung pork di dalamnya. Yes, we are pork lovers XD.Rasa dari kimchi jjigae nya enakkkk. Dan disajikan di atas mangkuk panas ala Korea. Jadi begitu disruput masih panas banget XD Panasnya kimchi jjigae membuat stew ini tambah nikmat. Rasa dari kimchi jjigae nya segar. Rasa asam dan pedasnya pas sekali. Tapi sayang sekali, pork dan tofu yang ada dalam kimchi jjigae sedikit, mungkin sekitar 4 buah ㅡ.ㅡ Tapi overall kimchi jjigae ini juara. Recommended.
Kimchi jjigae  (김치찌개) 58k IDR 
Di restaurant Korea, biasanya kita diberikan free dessert. Salad ataupun ice cream. Tapi sayang sekali, Chung Gi Wa tidak memberikan free dessert.

Untuk keseluruhan rasa, tempat, dan harga, Chung Gi Wa jadi salah satu  restaurant Korea yang  recommended.

Chung Gi Wa/Chicken Pong

Jalan Leumah Neundeut No.87 - 89
Sukajadi
Bandung, Jawa Barat 40164
+62 22 2017638


4 comments:

  1. Hi bole minta alamat resto chung giwa. Thanks

    ReplyDelete
  2. hai.. Chung Gi Wa Jl. Leumah Neundeut No. 87-89

    ReplyDelete
  3. Ada lowongan engga disana..??

    ReplyDelete
  4. Hy Chung gi wa, ada loker ga di sana?

    ReplyDelete